Hore………. Ini dua Jalur khusus Sepeda yang akan dibangun Pemprov Jambi

teranews.id, Kota Jambi-Kabar gembira bagi anda para goweser, sebab saat ini Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi akan membuat jalur khusus sepeda di Kota Jambi. 

Hal Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No 59 tahun 2020 tentang bersepeda yang berkeselamatan dengan ketersediaan jalur khusus sepeda.

Setidak ada dua rute jalur sepeda yang akan dibuat dalam waktu dekat, yakni di Jalan Arif Rahman Hakim Simpang BI munuju kampus UIN STS Jambi Telanai. Kemudian Simpang Tugu Juang menuju kawasan Simpang Kawat.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Provinsi Jambi, Wing Gunariadi menyampaikan jalur khusus sepeda ini tidak menggunakan trotoar Jalan, melainkan menggunakan sisi bahu jalan yang telah dilebarkan. 

“Nanti di situ akan dibuat marka khusus sepeda berwarna hijau. Nanti ada lambang sepeda. Kita berkeinginan di jalur khusus sepeda itu nanti lengkap fasilitas keselamatan, mulai dari rambu hingga tempat parkir sepedanya. Nanti pesepeda mau istirahat, pengguna jalan lain jangan sampai masuk ke jalur sepeda,” ujarnya, saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (13/11/2020) kemarin. 

Dijelaskan Wing, dengan dibuatnya jalur sepeda ini nantinya nantinya tidak akan mengganggu aktivitas pengendara bermotor, sebab jalan yang dipakai cukup luas. 

“Luas jalur sepeda ini paling satu meter, bagian jalan yang telah di lebarkan,” sebutnya.

Ia menyampaikan jalur khusus sepeda ini kedepan juga akan dipadukan dengan jalur sepeda yang dibangun oleh Pemerintah Kota Jambi. 

“Manfaatnya nanti kalau ini sudah kita bangun, car free day yang selama ini dilaksanakan di perkantoran dipindahkan ke Jalur sepeda. Setidaknya dapat mengurangi asap kendaraan bermotor. Selain itu gunanya nanti, masyarakat yang bekerja diperkantoran bisa lebih nyaman bersepeda,” jelasnya.  

Untuk tahap awal, tahun ini akan dibangun satu rute yakni di Simpang BI-Kampus UIN Telanai menggunakan anggaran sebesar Rp300 Juta yang telah disiapkan di APBD Perubahan. 

 “Dari dana itu kita hitung RAB nya. Untuk jalur lain akan mungkin dibangun tahun depan,” tandasnya.(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.