Vaksin Pfizer-Biontech yang pertama mendapat rekomendasi penggunaannya oleh WHO

Teranews.id, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini secara resmi memasukkan vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech dalam Emergency Use Listing (EUL). Artinya vaksin COVID-19 tersebut jadi yang pertama mendapat izin penggunaan darurat oleh WHO.

Sejauh ini sejumlah kandidat vaksin yang digunakan beberapa negara baru mendapat izin darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari otoritas lokal.

Bacaan Lainnya

“WHO dan mitra lainnya bekerja keras setiap hari untuk mengevaluasi kandidat vaksin lain yang sudah mencapai standar keamanan dan efikasi. Kami mendorong lebih banyak pengembang vaksin mendaftarkan diri agar bisa dilakukan analisa dan penilaian,” kata Mariangela Simao, kepala program medis WHO, seperti dikutip dari situs resminya pada Jumat (1/1/2021).

 Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech mendapat EUL karena dianggap sudah memenuhi standar WHO. Artinya vaksin dinilai cukup aman dan memiliki manfaat yang lebih besar daripada risiko.


Ketika suatu vaksin sudah mendapat EUL maka WHO akan menginformasikan jaringan otoritas regionalnya terkait manfaat dan cara kerja vaksin berdasarkan data dari studi terbaru. Otoritas kesehatan di tingkat negara lalu bisa segera merumuskan implementasi program vaksinasi berdasarkan EUL.


“Dan sebagai bagian dari proses EUL, perusahaan yang menyediakan vaksin harus berkomitmen terus menyediakan data agar vaksin bisa segera mendapat izin penuh dan prakualifikasi WHO,” tulis WHO.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.