Tempuh 3 Jam Perjalanan, Polsek Tabir Selatan Kunjungi Warga Suku Anak Dalam (SAD), Warga SAD Berhasil di Vaksin

Teranews.id, MERANGIN – Polres Merangin beserta jajaran targetkan vaksinasi di wilayah hukumnya, Vaksinasi Massal digelar di berbagai kecamatan di Kabupaten Merangin agar masyarakat yang belum ikut vaksin bisa mengikuti vaksinasi hingga ke pelosok desa di Kabupaten Merangin.

Kali ini Polsek Tabir Selatan beserta rombongan yang di Pimpin oleh Wakapolsek Tabir Selatan Ipda Fajar Nugroho,SH beserta anggota melakukan vaksinasi terhadap suku anak dalam (SAD) yang berada di Pedalaman hutan Kecamatan Tabir Selatan,(06/11/2021).

Bacaan Lainnya

Dimana Warga Suku Anak Dalam (SAD) menjadi perhatian khusus pemerintah di zaman modern saat ini, Sebab mereka sangat jauh tertinggal dari ilmu pengetahuan dikarenakan selalu berkediaman di dalam hutan pedalaman, Sedikit demi sedikit berkat perhatian pemerintah mereka mulai menambah pengetahuan, sehingga sebagian dari mereka sudah memulai menjalani kehidupan untuk tidak sepenuhnya bergantung dengan hutan dan buruan.

Kegiatan tersebut juga melibatkan Kanit Intelkam Polsek Tabir Selatan Bripka Charles Maruli Harianja, Kades Mekar Jaya Lasno, Tenaga Kesehatan Puskesmas Muara Delang, Bhabinsa Desa Mekar Jaya Serda Budi Sitompul, Guru Pendamping Suku Anak Dalam (SAD) Suwanti beserta Gapoktan Desa Mekar Jaya Kecamatan Tabir Selatan, Perwakilan PT Sari Aditya Loka I Panca, serta Bhabinkamtibmas Desa Mekar Jaya Brigadir Rega Heltramizi.

Penuh perjuangan setelah menempuh perjalan 3 jam menggunakan sepeda motor trail dengan Medan jalan yang sulit tidak menyurutkan semangat Rombongan untuk sampai ke lokasi tujuan , Sehingga Akhirnya rombongan bisa sampai di dalam rimba tempat Ketua Adat Ngandun Depati Siomban bersama rombongan Suku Anak Dalam (SAD) lainnya bermukim.

Beruntung saat tiba di lokasi kelompok SAD tersebut sedang tidak berburu atau Melangun sehingga dapat bertemu dengan mereka semua, Yang berada di dalam Rimba Makekal Ulu Desa Mekar Jaya Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin.

Terjaganya silahturahmi yang baik antara polri dan warga SAD di kabupaten merangin, Kedatangan rombongan disambut hangat dan bersahabat oleh Ketua Adat Suku Anak Dalam (SAD) dan anggota kelompoknya.

Wakapolsek Tabir Selatan Ipda Fajar Nugroho,SH Menjelaskan “Kunjungan kali ini adalah melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu, Selanjutnya melakukan vaksin terhadap mereka, mereka juga bagian dari kita maka dari itu demi keselamatan kita bersama kami melakukan vaksinasi terhadap warga SAD agar terhindar dari penyebaran Covid-19”, Ucap Wakapolsek.

Tidak hanya itu saja dalam kegiatan tersebut terlihat rombongan juga memberi bekal pengetahuan dan pembelajaran terhadap anak-anak warga SAD yang di lakukan oleh guru pendamping, yang rencananya akan rutin di lakukan.

Menariknya lagi Rombongan juga memberikan bibit ikan lele sebanyak 1000 Ekor untuk warga SAD, yang nantinya dapat nikmati oleh mereka jika sudah berkembang sampai masa untuk di panen.

Terpisah Kapolsek Tabir Selatan Iptu Toni Hidayat, SE mengatakan “Berkurangnya buruan yang menjadi rutinitas mereka setiap hari membuat sempitnya gerak mereka akibat dari pengalihan fungsi hutan yang sudah banyak berubah menjadi areal perkebunan, Agar tidak menimbulkan konflik dengan masyarakat sekitar sehingga perlu segera dilakukan upaya inovasi untuk mencegah konflik tersebut agar tidak terus terjadi”,terang Kapolsek.

Ia juga menambahkan dimana sebelumnya telah dibantu disiapkan kolam ikan oleh rekan rekan dari Gapoktan, Yang nantinya juga Gapoktan bersama dengan Bhabinkamtibmas akan membimbing warga SAD tentang cara merawat ikan lele tersebut serta memantau perkembangannya hingga berhasil di panen.

Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan,S.I.K juga mengatakan “Diharapkan dengan potensi alam yang masih asri dan kualitas air yang masih bagus, Nantinya bibit ikan lele tersebut dapat berkembang dengan baik sampai dengan masa panen tiba, sehingga bisa membantu kehidupan warga SAD dan menjadi pembelajaran baru bagi mereka bahwa mereka bisa memanfaatkan potensi alam yang ada dengan cara memelihara ikan ataupun ternak lainnya serta mulai belajar bercocok tanam dan tidak harus sepenuhnya bergantung dengan hasil buruan di hutan”,Ucapnya.

Kegiatan Bhakti Sosial tersebut melayani Pemeriksaan dan Pengobatan medis gratis yang di lakukan Tenaga Kesehatan Puskesmas Muara Delang, dan di lanjutkan dengan menyuntikkan vaksin terhadap warga SAD.

Berkat himbauan dari Bhabinkamtibmas Brigadir Rega Heltramizi yang sebelumnya melakukan edukasi terhadap kelompok Suku Anak Dalam tentang pentingnya Vaksinasi untuk kesehatan akhirnya Ketua Adat Ngandun Depati Siomban mau melaksanakan Vaksinasi Dosis I yang dilakukan langsung dilokasi.

Wakapolsek Tabir Selatan Ipda Fajar Nugroho, SH juga Menjelaskan “Warga Suku Anak Dalam atau SAD hingga saat ini masih mengandalkan kebiasaan berburu atau meramu dalam kehidupannya, Semoga dengan bimbingan pengetahuan dalam memelihara ternak dan bercocok tanam serta 1000 bibit ikan lele yang kami berikan dapat bermanfaat dan mampu merubah pola kehidupan mereka”,tutur Ipda Fajar.

Kegiatan berjalan dengan lancar,baik dan aman walaupun sebelumnya menempuh rintangan dan kondisi jalan yang sulit tidak menjadi kendala bagi rombongan, Alhasil warga SAD tersebut berhasil di vaksin serta memberikan dukungan dan pengetahuan agar mereka tidak bergantung lagi dari hasil buruan.

Meski bermandikan keringat lelah dan letih setelah menempuh perjalanan yang sulit Ipda Fajar Nugroho di akhir kegiatan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada ketua Ketua Adat Ngandun Depati Siomban beserta warga SAD lainnya telah bekerjasama dengan pemerintah di masa Pandemi saat ini dengan mengikuti vaksinasi dan menjaga protokol kesehatan.

  Penulis   : Ory Nofriadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.