Pinto Jaya Negara Ajak Masyarakat Provinsi Jambi Hidupkan Kembali Fungsi Sungai Batanghari

Teranews.id, JAMBI – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian sungai batanghari agar dapat dimanfaatkan seperti dahulu kala.

“Kita hidupkan kembali fungsi Sungai Batanghari ini,” kata Pinto saat pembukaan lomba melukis Sungai Batanghari dalam rangka memperingati Ulang Tahun ke-65 Provinsi Jambi, Rabu (05/01/2022).

Sebagai Ketua Yayasan Sahabat Sungai Batanghari (YSSB), Pinto Jayanegara. BA. S.Psi. M.si menjelaskan bahwa Yayasan Sahabat Sungai Batanghari (YSSB) hadir sebagai wujud kepedulian terhadap Sungai terpanjang di sumatera itu.

YSSB, katanya, memiliki tujuan sosial lingkungan yaitu berupa mendorong mengembalikan fungsi ekosistem, ekologi, sosial, sejarah, ekonomi, budaya dan transportasi kepada kondisi awal atau restorasi yang diselaraskan dengan kondisi pada hari ini.

“Lomba melukis ini merupakan langkah awal untuk mengenalkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) terhadap Sungai Batang Hari yang pada akhirnya mereka mengerti akan fungsi dan keberadaan sungai batang hari itu sendiri,” jelasnya.

Kedepannya, YSSB akan berupaya bersama Pemerintah untuk mendorong dan mendukung program revitalisasi Sungai Batanghari yang berbasis pelestarian lingkungan hidup, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan serta kemakmuran seluruh rakyat Jambi.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris mengungkapkan kondisi Sungai Batanghari yang saat ini mulai tidak baik, namun masih dalam kategori aman.

Oleh karena itu, Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk sama-sama menjaga, serta mencintai sungai Batanghari.

“Air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi manusia yang harus di jaga dan di rawat demi keberlangsungan hidup khalayak banyak,” katanya.

Sebagai Gubernur, Al Haris mengapresiasi keberadaan Yayasan Sahabat Sungai Batang (YSSB) ini. Kedepan, lanjut Haris Pemerintah Provinsi Jambi akan menggandeng YSSB dalam upaya melestarikan sungai kebanggan Provinsi Jambi itu.

“Ide bebesar ini juga sinergi dengan program Kemeterian Perhubungan yang telah membuat Rencana Induk Sungai.” tuturnya.

Penggelar lomba melukis Sungai Batanghari tingkat Sekolah Dasar (SD) Se-kota Jambi yang di selenggarakan di Dermaga Pasar Angso Duo Baru Jambi ini juga dihadiri oleh Drs. Hasan Basri Agus, MM yang merupakan pendiri yayasan, Drs, Antoni Zedra Abidin,MM yang juga selaku pendiri yayasan. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.