Amir Hasbi Dampingi Gubernur Serahkan Bantuan Beras kepada Korban Pasca Banjir di bungo

Teranews.id, Bungo– Gubernur Jambi Al Haris menyerahkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah Provinsi Jambi untuk korban pasca banjir di Kabupaten Bungo.sebanyak 2.258 KK  atau 8.738 jiwa yang terdampak pasca bencana banjir menerima bantuan dari pemerintah provinsi jambi.

Gubernur jambi Al Haris Mengatakan Bantuan ini Berasal dari Cadangan pangan pemerintah yakni  cadangan pangan pokok yaitu beras. Cadangan beras ini bekerja sama dengan Perum Bulog yang ada di daerah. Pada pasal 30 Undang-undang Pangan Nomor 18 Tahun 2012 menyatakan bahwa penyaluran cadangan pemerintah dilakukan untuk menanggulangi kerawanan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, bencana sosial dan atau menghadapi keadaan darurat.

Bacaan Lainnya

Al haris Mengatakan  Dinas Ketahanan Pangan Provinsi melaksanakan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Daerah, yang bertujuan untuk bantuan pasca bencana pada wilayah tersebut.

Bencana banjir di Kabupaten Bungo terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengakibatkan beberapa Kecamatan yang ada di kabupaten Bungo mengalami kebanjiran yang terdiri dari Kecamatan Rantau Pandan, Kecamatan Bungo Dani, Kecamatan Bathin II Babeko, Kecamatan Pelepat, Kecamatan Pelepat Ilir, Kecamatan Muko-muko Bathin VII, Kecamatan Tanah Tumbuh, Kecamatan Jujuhan dan Kecamatan Jujuhan Ilir.

Berdasarkan data  Untuk korban pasca bancana banjir di Kabupaten Bungo tersebut yang mendapatkan bantuan sebanyak 2.258 KK /8.738 jiwa sehingga kebutuhan penyaluran Cadangan pangan Pemerintah Daerah di wilayah bencana sebesar 10.486 Kg atau 10,4 Ton 

” Alhamdulillah Bantuan Pasca Bencana Banjir dari Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi Jambi telah diserahkan kepada Masyarakat Terdampak Pasca Banjir di Kabupaten Bungo ” Ungkap Al Haris Sabtu (22/01/2022)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Amir Hasbi Mengatakan Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Provinsi ini merupakan antisipasi dari pada terjadinya kerawanan pangan yaitu memenuhi kebutuhan rumah tangga yang terkena bencana dan atau rawan pangan yang mengalami keadaan darurat atau kerawanan pangan pasca bencana.

Amir mengatakan  Mekanisme Penyaluran Bantuan Cadangan Pemerintah Provinsi Jambi Adanya Surat Tertulis dari Bupati Bungo Kepada Gubernur Jambi untuk Meminta Bantuan Beras Cadangan Pangan Pemerintah daerah kepada Warga yang Terdampak Pasca Bencana Banjir. Dengan adanya surat permintaan Tersebut menjadi pedoman bagi dinas ketahanan pangan Provinsi Jambi untuk menyalurkan cadangan pangan pemerintah daerah. Tentunya sebelum disalurkan dinas ketahanan pangan menurunkan tim teknis untuk memverifikasi data yang diajukan oleh Pemkab Bungo.

” Sebanyak 10,4 Ton Beras cadangan pangan Pemerintah daerah yang kita salurkan ” Ungkap Amir. (Nan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.