Tampung Aspirasi Forum Kades dan BPD Sungai Bahar, Ketua DPRD Muaro Jambi Berharap Pemerintah Stabilkan Harga TBS

Teranews.id, Ketua DPRD Muaro Jambi tampung Aspirasi Forum Kades dan BPD se-Kecamatan Sungai Bahar terkait kestabilan harga tandan buah segar kelapa sawit di kalangan petani, Selasa (28/06/22). Ketua DPRD bertemu langsung dengan para Kades dan BPD se-Kecamatan Sungai Bahar. 

Dalam pertemuan tersebut forum Kades dan BPD Kecamatan Sungai Bahar menyampaikan tentang harga TBS di kalangan petani yang masih di bawah standar. Meski ada kenaikan harga dari sebelumnya yaitu dari Rp500 menjadi Rp800, namun harga tersebut masih belum sesuai dengan biaya yang dikeluarkan petani untuk produksi, mulai dari biaya perawatan hingga biaya panen.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal itu, Yuli Setia Bakti, Ketua DPRD Muaro Jambi menyebut, aspirasi tersebut sudah beliau tampung. Yuli bilang 

akan memperjuangkan hingga harga sawit di kalangan petani bisa kembali membaik sesuai harapan petani.

“Kalau normalnya harga sesuai dengan biaya produksi petani yaitu Rp2000 atau Rp2500 rupiah per kilogramnya, sehingga petani bisa mencukupi biaya produksi dan kebutuhan rumah tangga,” sebutnya.

Ketua DPRD Muaro Jambi meminta kepada pemerintah pusat untuk segera mengambil kebijakan terkait harga sawit di tingkat petani ini. Mengingat, 60 persen masyarakat Kabupaten Muaro Jambi mengandalkan ekonomi dari kelapa sawit, terutama di kecamatan Sungai Bahar.

“Tentunya kami berterima kasih dengan pemerintah sudah menaikkan harga saat ini, namun harga saat ini masih belum sesuai, saya meminta kepada pemerintah pusat agar harga sawit di tingkat petani bisa lebih membaik, dan ini akan kita perjuangkan bersama,” tegasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.