Terbentuknya Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Di SMA Negeri 3 Batang Hari

teranews.id | BATANG HARI – SMA Negeri 3 Batang Hari,melaksanakan Launching Sekolah Siaga Kependudukan bertempat di SMA Negeri 3 Batang Hari, Desa Muara Jangga Kecamatan Batin XXIV, pada Selasa,(11/10/22).

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Latar belakang kelahiran SSK juga sejatinya tidak bisa dilepaskan dari program generasi berencana (Genre) yang sudah terlebih dahulu digulirkan. Terlebih selama ini sekolah dianggap satu-satunya agen perubahan (agent of change) secara formal di Indonesia

Hadir dalam acara ini Kepala DP3AP2 Provinsi Jambi. Ny. Hj. Dra. Lutfiah, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, DR. Munawwar Ibrahim, S.Kp.MPH, diwakili Ny. DR. Risma Mulia, MPH, Kepala Dinas DPPKBP3A Kabupaten Batang Hari Muhammad Khadafi,SE, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Batang Hari, diwakili Sekdis, Moh. Rokim, Kepala Dinas Dukcapil Kab. batang Hari Ilhamsyah, Anggota DPRD Kab. Batang Hari fraksi PKB,Risno.SH.MH, Anggota DPRD Kab. Batang Hari Fraksi Nasdem, Camat Batin XXIV Erwin, S.Sos, Kepala SMA dan SMK se-Kab. Batang Hari, Komite dan orang tua siswa/siswi SMAN 3 Batang Hari.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi DR.Munawwar Ibrahim, S.Kp.MPH dalam sambutannya mengatakan,

“Pelaksanaan ini sesuai dengan amanat Undang-Undang no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pada pasal 12 menyebutkan bahwa Program Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menjadi salah satu urusan pemerintah yang wajib menjadi kewenangan Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, stakeholder dan mitra kerja di daerah wajib mengimplementasikan kerjasama pendidikan kependudukan baik di jalur formal, jalur non formal, dan jalur informal, melalui Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan Perguruan Tinggi peduli kependudukan, merupakan strategi yang paling efektif guna mengedukasi Generasi Muda mengenai isu dan permasalahan Kependudukan,”ucapanya

Masih dalam sambutannya,

“SSK adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan, KB, dan Bangga Kencana ke dalam Mata Pelajaran atau muatan lokal khusus kependudukan, Kegiatan Kesiswaan, dan bimbingan konseling,”terang Munawar Ibrahim dalam sambutannya.

dan dilanjut Sambutan Kepala DP3AP2 Provinsi Jambi Ny. Hj. Dra. Lutfiah,sekaligus membuka Launching SSK di SMA/SMK/MAN se Kabupaten Batang Hari,dalam sambutannya juga mengatakan,

“kami sangat mengapresiasi dan mendukung dengan terbentuknya Sekolah Siaga Kependudukan di SMA N 3 Batang Hari. Hal ini merupakan hasil kerjasama antara Kepala Sekolah SMAN 3 Batang Hari beserta ibu dan bpk guru serta semua siswa. Satu hal yang sangat penting kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak, terutama Dinas Pendidikan, BKKBN, DP3AP2 Provinsi Jambi, DPPKBP3A Dan Dinas Pendidikan Kabupaten Batang Hari.
Besar harapan kami kegiatan SSK ini terus berjalan secara konsisten dan sekaligus menjadi wadah bagi program-program yang digulirkan BKKBN seperti PIK remaja jalur pendidikan, Genre goes to school, sehingga bisa berjalan secara simultan dan berdampingan,”tutup Ny.Hj.Dra.Lutfiah dan langsung diminta untuk membuka selubung merek Launching SSK SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Batang Hari, acara pun dilanjutkan dengan pemotongan pita Pojok Baca Sekolah Siaga Kependudukan.

(Bambang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.