Sambangi Desa Bukit Jaya, Dit Intelkam Polda Jambi Arahkan Hal Positif atas Konflik Masyarakat dengan PT Sungai Bahar Pasifik

JAMBI – Perwakilan Direktorat Intelkam Polda Jambi sambangi Desa Bukit Jaya, Kecamatan Bahar Selatan, Kabupaten Muaro Jambi, pada Senin (26/6) kemarin.

Kegiatan ini bertujuan untuk silaturahmi dan menghimbau kepada kelompok tani dalam menjaga situasi agar selalu kondusif walau masyarakat terlibat konflik masalah lahan dengan PT Sungai Bahar Pasifik.

Bacaan Lainnya

Kanit Intel Polda Jambi, AKP Ardi mengatakan, pihaknya menyambangi kelompok tani di Desa Bukit Jaya guna menanyakan masalah lahan yang sedang dikerjakan.

Ardi juga mengapresiasi kepada kelompok tani yang telah tertib dalam menjalankan aksi damai beberapa waktu lalu di Kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Jambi.

“Kami mengapresiasi karena aksi yang dijalankan kemarin berjalan tertib,” katanya, Selasa (27/6).

Diketahui, ratusan masyarakat yang terdiri dari dua kelompok tani di Kabupaten Muaro Jambi dan Batanghari menggelar orasi di halaman Kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Jambi pada Kamis (15/6) lalu.

Orasi ini digelar untuk menuntut PT Sungai Bahar Pasifik yang diduga menyerobot tanah milik masyarakat.

Beberapa tuntutan yang dilayangkan yakni kelompok tani meminta PT Sungai Sungai Bahar Pasifik untuk mengembalikan lahan masyarakat yang ditukar guling.

Kemudian, meminta perusahaan untuk mengembalikan lahan kepada ahli waris yang terkena Hak Guna Usaha (HGU) yang tidak ada kejelasan.

Kelompok tani juga menuntut Pemerintah untuk memerintahkan instansi terkait agar HGU PT SBP untuk diukur ulang, baik yang berada di Muaro Jambi maupun di Kabupaten Batanghari.

Segala kelebihan lahan yang diduga melebihi HGU perusahaan untuk segera dikembalikan ke kelompok tani.

Selain itu, kelompok Tani juga meminta segala pelanggaran yang telah dilakukan oleh perusahaan baik itu bentuk tukar guling, jual beli dan terbitnya sporadik yang berada di hutan kawasan, maupun jenis lainnya yang merugikan masyarakat, agar diproses secara hukum.

“Kami bertujuan untuk memastikan bahwa keadaan Kamtibmas di Desa Bukit Jaya kondusif, dan kami menghimbau untuk masyarakat tetap tertib,” ujar Ardi.

Kedatangan perwakilan Dit Intelkam Polda Jambi ke Desa Bukit Jaya ini juga bermaksud untuk memberikan dukungan secara moril untuk tidak berpihak ke pihak manapun dan bertindak sebagai aparat yang lurus dan dicintai masyarakat.

Sementara itu, masyarakat Desa Bukit Jaya berterimakasih dan mengapresiasi dukungan yang telah diberikan oleh Dit Intelkam Polda Jambi dalam memperjuangkan hak masyarakat yang telah dikuasai PT Sungai Bahar Pasifik.

Masyarakat berterimakasih kepada Dit Intelkam Polda Jambi yang telah mengarahkan kepada hal positif agar tidak terjadi kericuhan atas konflik antara masyarakat dengan PT Sungai Bahar Pasifik yang sedang terjadi saat ini. (yul)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.