Pentingnya Sosialisasi Pemilu Bagi Pelajar, Harmadeli Berharap Jangan Sampai Para Pelajar di Politisasi

JAMBI – Para pemilih pemula dalam Pemilihan Umum (Pemilu) perannya sangatlah penting untuk menentukan hak suara dalam pesta demokrasi tahun 2024 mendatang. Data yang diperoleh, sebanyak 20,96 persen Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilih pemula.

Untuk di Provinsi Jambi, segmen pemilih pemula dengan persentase sebanyak 20,96 persen dengan jumlah 561.022 DPT dari jumlah persentase keseluruhan sebanyak 2.676.107 DPT.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jambi telah melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula yang saat ini tengah duduk di bangku sekolah maupun di Universitas dengan katagori usia 17 hingga 24 tahun, hal itu dikatakan oleh Kapala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Harmadeli.

“Beberapa waktu lalu dari Bawaslu telah melakukan kunjungan ke sekolah untuk melakukan sosialisasi tentang penyelanggaraan pemilu 2024 nanti, mereka para pelajar harus di beri pemahaman untuk menggunakan hak suara mereka, jangan sampai para pelajar di politisasi oleh bakal calon, tentu yang terpenting harus mengetahui rekam jejak para calon yang akan dipilih,” kata Harmadeli saat dihubungin media ini, Selasa (12/9/2023).

Selain itu, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Jambi juga telah melakukan perekaman data e-KTP pada pelajar di Provinsi Jambi.

“Para pelajar sebagai pemilih pemula di Pemilu mendatang sudah dilakukan perekeman e-KTP, untuk jumlah yang sudah di rekam e-KTP, saya belum tau jumlahnya berapa, kemarin dari Dindukcpal yang datang ke sekolah,” sambungnya.

Dengan adanya sosialisasi oleh Bawaslu Provinsi Jambi kemarin, Harmadeli berharap para pelajar memahami begitu pentingnya hak suara mereka sebagai warga negara dengan memilih para calon yang menghargai keberagaman, sejalan dengan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sosialisai itu juga bermaksud untuk mengantisipasi konflik di tahun politik jelang pemilu tahun 2024, jangan sampai di tunggangi oleh pihak tak bertanggung jawab, gunakanlah suara pemilu dengan baik, kenali para calon yang hendak dipilih, lihat visi dan misi nya,” ungkapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.