LMPP akan gandeng ahli independen uji kualitas tanah urug proyek jalan rantau majo-tantan

Polemik kegiatan proyek peningkatan jalan rantau majo-simpang IV desa tantan kecamatan sekernan hingga kini terus bergulir. Penggiat antikorupsi muarojambi mengaku akan menggandeng ahli independen untuk menguji kualitas material tanah timbunan proyek bernilai miliaran tersebut.

Teranews.id, Muarojambi – hal tersebut diketahui saat ormas laskar merah putih perjuangan (LMPP) muarojambi menggelar aksi unjuk rasa di depan halaman kantor kejaksaan negeri muarojambi senin (29/11/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam aksi nya, LMPP mendesak agar korps adhyaksa segera menindak lanjuti temuan mereka terkait dugaan ketidakberesan pada kegiatan proyek peningkatan jalan berkategori multiyears itu.

Diantara tujuh tuntutan yang disampaikan, salah satu fokus permintaan LMPP untuk diselidki ialah soal kualitas material berupa tanah timbunan proyek peningkatan jalan desa rantau majo-simpang IV desa Tantan yang diambil dan bersumber dari sekitar lokasi proyek, LMPP bahkan mengaku dalam waktu dekat berencana akan menggandeng ahli independen untuk mengetahui kualitas material tanah yang digunakan, apakah memang sudah sesuai hasil kajian ataukah sebaliknya.

“ya, kami insya allah dalam waktu dekat ini, akan meminta bantuan ahli, untuk menguji kualitas tanah galian c yang digunakan rekanan itu, jika terbukti benar tidak sesuai spesifikasi, kami minta pihak kejari segera mendalami laporan tersebut”, tegas ketua LMPP syahrial.


Selain itu LMPP Juga minta Pihak Kejari Sengeti Periksa Kontraktor pembangunan jalan desa Rantau Majo-simpang IV Desa Tantan. 


Setelah menyampaikan aksi dan bertemu pihak kejari, peserta aksi unjuk rasa membubarkan diri.

Sementara ditemui usai menerima laporan,  pihak kejaksaan melalui kepala seksi intelijen kejari  muhammad fauzan mengatakan telah menyerahkan berkas laporan ke bidang tipidsus untuk ditindak lanjuti.


“kami sudah menerima laporan dari pengunjuk rasa, pada intinya, laporan yang disampaikan ke kami akan dilakukan telaah secara seksama agar terang motifnya”.


Untuk diketahui, dinas pekerjaan umum kabupaten muarojambi melalui anggaran APBD, melaksanakan kegiatan proyek peningkatan jalan desa rantau majo-simpang IV desa tantan, kegiatan berkategori multiyears ini memiliki total panjang ruas jalan 5,5 KM yang telah dimulai sejak tahun 2019, pada tahun ini, kegiatan peningkatan menelan anggaran 1,7 miliar.

Disampaikan kepala dinas PUPR muarojambi yultasmi, Total perkerasan jalan yang sudah tertangani hingga tahun ini mencapai 4,6 KM, sisanya tinggal 1 KM lagi.(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.