Asisten III Jeter Simamora, S.IP, Hadiri Acara Temu Karya Daerah (TKD) Karang Taruna Tanjab Barat Tahun 2022

TERANEWS.ID, TANJAB BARAT,- Mewakili Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat Asisten Administrasi Umum Jeter Simamora, S.IP Menghadiri Sekaligus Membuka Secara Resmi Acara Temu Karya Daerah (TKD) Karang Taruna Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2022, Rabu(19/01/22).

Acara yang dilaksanakan di Aula Hotel Masa Kini tersebut turut di hadiri oleh Ketua Umum Karang Taruna Provinsi Jambi, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Terkait, Ketua Carataker Kabupaten Tanjab Barat, para Camat Se-Kabupaten Tanjung Jabung Barat, panitia pelaksana para peserta karang taruna serta tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam laporannya, panitia pelaksana Cecep mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanan kegiatan ini adalah untuk musyawarah dalam memilih ketua karang taruna yang selama ini di Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah lama vakum, sehingga menurutnya hal inilah yang mendasari pertemuan ini.

Sementara itu, mengawali sambutannya Kepala Dinas Sosial Drs. Sarifuddin, MM menyampaikan bahwa tujuan karang taruna adalah untuk mewujudkan kesadaran dan tanggung jawab generasi muda, ikut serta mengantisipasi dan pemecahan permasalahan dikalangan generasi muda, mengembangkan kemampuan diri dalam penyelenggaraan kesejahteraam sosial, membangun karakter generasi muda yang berkarakter, berkepribadian, terampil serta inovatif.

Lebih lanjut, menurutnya karang taruna adalah sebagai wadah pengembangan potensi dan kemampuan, semangat kewirausahaan, memotivasi generasi muda agar menjadi perekat bangsa serta menjalin sinergi dan kemitraan dengan berbagai pihak.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada camat yang desa/ kelurahannya telah membentuk kepengurusan, sedangkan untuk kecamatan lainnya dimohon untuk mendorong pelaksanaan pembentukannya kepengurusan karang taruna desa/kelurahan, sehingga dengan temu karya daerah karang taruna kabupaten tanjung jabung barat ini akan semakin memberikan semangat kepada pengurus yang akan menduduki jabatan kepengurusan pada periodenya.” tegasnya.

Membacakan sambutan Bupati, Asisten Administrasi Umum Jeter Simamora, S.IP, mengatakan bahwa karang taruna adalah sebuah organisasi kepemudaan yang bergerak dibidang sosial dengan menyelenggarakan kesejahteraan sosial yaitu suatu upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah daerah dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak dan mampu mengembangkan diri sehingga dapat melaksanakan fungsi sosial.
,” ujar jeter.

Lebih lanjut, karang taruna bertugas untuk mengembangkan potensi generasi muda dan masyarakat serta berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial melalui rehabilitas sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan perlindungan sosial serta prorgam prioritas nasional.
“Karang taruna sebagai organisasi kemasyarakatan termasuk jenis lembaga kemasyarakatan desa yaitu bertugas untuk membantu kepala desa dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial dan pengembangan generasi muda.”paparnya

“Temu karya karang taruna tingkat kabupaten tanjung jabung barat yang saat ini dilaksanakan adalah merupakan forum pengambilan keputusan tertunggu kepengurusan karang taruna ditingkat kabupaten, hal tersebut telah diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga karang taruna.”jelasnya

“Mari bersama kita bersatu bahu-membahu bermitra dan bekerjasama mewujudkan masyarakat adil makmur serta bermartabat dan penuh berkah yang selalu di ridhoi Allah SWT.” tutupnya.(Fredy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.