Kiprah Tiga Polisi yang Berasal dari Suku Anak Dalam (SAD)

Teranews.id,SAROLANGUN-Dalam melaksanakan tugasnya, tiga polisi yang berasal dari SAD melakukan kunjungan setiap hari ke pemukiman SAD di Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun,(02/06/2022).

Kegiatan yang dilakukan yaitu melaksanakan sosialisasi hukum, sosialisasi kesehatan, pendidikan dan kemandirian ekonomi masyarakat SAD. Ketiga polisi tersebut yaitu Bripda Seri Santosa yang berasal dari SAD Bungo, Bripda Perbal berasal dari SAD Bendungan Air Hitam dan Bripda Jenny Andi Saputra yang berasal dari SAD Merangin.

Bacaan Lainnya

Kurang lebih selama 4 bulan mereka melaksanakan tugasnya dengan mengunjungi tempat pemukiman SAD, baik yang berada di wilayah perkampungan maupun di dalam kawasan hutan. Serta adanya salah satu Brimob Polda Jambi bernama Bripda Eko Putro yang ditugaskan untuk membimbing polisi SAD dalam menjalankan tugasnya dan ikut membantu memberikan edukasi kepada masyarakat SAD.

Pemerintah Desa Bukit Suban dan desa-desa yang menjadi tempat naungan bagi SAD yang berada di Kecamatan Air Hitam juga ikut serta berpartisipasi dan bekerjasama membantu keempat polisi tersebut dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu, kolaborasi juga dilakukan bersama Polsek Air hitam dan Perusahan PT. SAL dalam memajukan masyarakat SAD yang berada di Kecamatan Air Hitam.

Polda Jambi turut berkontribusi dalam mewujudkan ketertiban, dan kemandirian ekonomi warga Suku Anak Dalam, yaitu dengan memberikan bantuan keramba ikan dan solar cell bagi warga SAD yang berada di Punti Kayu 1 dan Punti Kayu 2.

Pada hari Kamis, 2 mei 2022 Komandan Batalyon B Pelopor SatBrimob Polda Jambi AKBP Wan Agus, meninjau lokasi pemukiman SAD di kelompok Saidun terkait bantuan yang diberikan oleh Polda Jambi berupa solar cell di pemukiman SAD Punti kayu 2. Turut hadir pula Kepala Desa Bukit Suban (Bpk. Mujito), CDAM PT SAL (Sudono), Tokoh agama dan Tokoh masyarakat yang ikut mendampingi.

Pada kesempatan itu juga Pihak PT. SAL (Sari Aditya Loka)  ikut membantu menyiapkan paket bantuan sembako untuk 24 KK di Punti Kayu 2 dan 6 paket ke Punti Kayu 1, bantuan tersebut langsung di serahkan oleh Komandan Batalyon B Pelopor SatBrimob Polda Jambi AKBP Wan Agus ke SAD kelompok Saidun Punti kayu 2.

Di lokasi Punti kayu 2 rombongan juga melihat fasilitas kesehatan yg di bangun oleh PT. SAL yaitu fasilitas MCK, dan dalam kesempatan tersebut Kasat Brimob sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PT. SAL terhadap Suku Anak Dalam (SAD).

Kemudian kunjungan Komandan Batalyon B Pelopor SatBrimob Polda Jambi AKBP Wan Agus di lanjutkan  ke Punti kayu 1 (Bendungan) kelompok Temenggung Nggrip dalam rangka meninjau bantuan karamba ikan, yang mana pakan ikan juga di suport dari PT SAL. Karamba ikan merupakan inisiasi  dari Kapolda Jambi yang secara langsung menugaskan anggota polisi yang berasal dari SAD yakni Bripda Perbal dengan dibantu Bripda Jenny Andi Saputra, Bripda Seri Santoso dan Bripda Eko Putra dari Polda Jambi untuk mengawal pelaksanaannya.

Agenda dilanjutkan dengan kembalinya rombongan ke Balai Desa Bukit Suban untuk makan siang bersama,Agenda kunjungan berakhir dengan ramah tamah di kantor Desa Bukit Suban dan menjelaskan maksud dari kunjungan kali ini, yaitu untuk meninjau perkembangan dan pelaksanaan bantuan dari Polda Jambi yang ada di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam.

Serta mengenalkan situasi, kondisi dan keadaan SAD yang ada disana dan juga memperkenalkan segala potensi yang dimiliki oleh SAD sehingga dapat menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan guna peningkatan kemajuan SAD kedepannya.

“Semoga dengan ada nya kepedulian polri terhadap masyarakat SAD mereka bisa lebih termotivasi lagi menjadi lebih baik kedepan nya dan juga bisa memanfaat sumber daya alam yang ada untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka,Apa lagi sekarang sudah ada asli dari suku anak dalam menjadi anggota kepolisian semoga menambah motivasi mereka lagi kedepannya”,Ucap Bripda Eko.

  Penulis  : Ory Nofriadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.