Bupati Masnah Hadiri Pengukuhan Adat 4 Desa di Kecamatan Jaluko

Teranews.id, Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro kembali menghadiri pengukuhan pemangku adat dan pelantikan ketua Tim penggerak PKK 4 desa di Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi Selasa (17/5/22).

Dalam hal ini, Kepala Desa yang baru terpilih dalam ajang Pilkades 28 Maret lalu dilantik sebagai pemangku adat. Kades ini mendapat gelar sebagai Datuk Penghulu.

Bacaan Lainnya

Ada empat Kepala desa yang dikukuhkan sebagai Datuk Penghulu, yaitu Kades Pematang Jering, Datuk Sahrudin SE, Kades Sembubuk Bambang Santoso Kades Mendalo Darat dan Datuk Wasono Kades Rengas Bandung.

Pelantikan yang digelar di Desa Pematang Jering itu juga dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan Husairi, perwakilan anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi, beberapa kepala OPD, Camat, Kades serta ratusan masyarakat Kecamatan Jambi Luar Kota.

Selain mengukuhkan kades dan TP PKK, bupati Muaro Jambi juga melantik lima anggota BPD Desa Sarang Elang Kabupaten Muaro Jambi.

Bupati Muaro Jambi Masnah Busro dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada kepala desa yang baru saja dikukuhkan sebagai pemangku adat dan mendapatkan gelar Datuk Penghulu.

“Selamat, semoga amanah,” kata Masnah.

Masnah berharap agar Datuk Penghulu bisa menjalankan amanah dengan baik dan amanah serta merangkul simpatisan yang mendukung calon kades yang belum beruntung dalam pertarungan Pilkades serentak beberapa waktu lalu.

Katanya, jangan sampai ada perpecahan dan perbedaan dalam memimpin. Begitu juga dengan masyarakat agar bisa mendukung kades terpilih dalam menjalankan roda pemerintahan.

Kepala Desa Pematang Jering Rasyid dalam sambutannya menyebut jika dulunya Desa Pematang Jering termasuk desa yang terisolir bahkan jarang dikunjungi oleh orang luar. Namun seiring waktu berjalan, desa Pematang Jering dan desa sekitar mulai berkembang. Bahkan sampai sekarang, desa ini merupakan pemasok ikan terbesar di Provinsi Jambi.

“Terimakasih pak Gubernur (diwakili Staf Ahli Gubernur, red). Ibu bupati sudah hadir dalam kegiatan kami pada hari ini,” kata Kades Pematang Jering, Rasyid.

Dia berharap ke depan Desa Pematang Jering dan desa sekitar diperhatikan oleh pemerintah, baik itu dari Kabupaten Muaro Jambi maupun pemerintah provinsi Jambi.

Sementara itu, Ketua LAM Kabupaten Muaro Jambi Amrullah menyebut jika Kades yang baru dikukuhkan ini sudah menjabat dua jabatan, yaitu sebagai Kepala desa dan sebagai Datuk Penghulu.

Sebagai seorang Datuk dan juga pimpinan di desa, mereka harus menjadi panutan. Tingkahnya ditiru dan digugu oleh masyarakat. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.