Jelang Idul Fitri 2023 , Kapolres Merangin Pimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat di Lapangan Hijau

Teranews.id,MERANGIN – Jelang hari raya idul fitri 1444H/2023M, Kapolres Merangin AKBP Dewa Ngakan Nyoman Arinata,S.I.K,M.H Pimpin apel gelar pasukan ketupat 2023 di lapangan hijau Mapolres Merangin, (17/04/2023).

Kegiatan tersebut merupakan pengamanan arus mudik perayaan hari raya Idul Fitri 2023, Operasi ketupat tersebut betema MUDIK AMAN DAN BERKESAN dimana keselamatan dan keamanan masyarakat saat mudik bersama keluarga.

Bacaan Lainnya

Sebagai Pemimpin Apel Kapolres Merangin AKBP Dewa N Nyoman Arinata, S.I.K M.H. didampingi Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, S.E,  Perwira Apel Kasat Lantas Polres Merangin AKP Bambang Soesatyo,S.H.,M.H dan Komandan Apel Kanit Gakum Sat Lantas IPDA Irpantri, S.H. terlihat saat apel di gelar.

Selain itu kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Dandim 0420 Sarko diwakili oleh Pasi Ops Kodim 0420 Sarko Lettu Henky,Kajari Merangin diwakili oleh Kasubsi Jaksa Fungsional Gio Valdo Diaman S.H,Dinas Perhubungan diwakili oleh  Kasi Pengaturan Jalan, Mahmudi, SH dan Para Kabag Polres Merangin,Para Kasat Polres Merangin,Brimob den B Pamenang AKP SUdarsono, S.H,Kasie BPBD Kab Merangin Zainal Abidin,Kasat Pol PP Kab Merangin, Shobarani, S.H serta Kapolsek Jajaran dan Pa Polres Merangin.

Barisan peserta apel terdiri dari Peleton Kodim 0420 Sarko,Pleton dari Detasemen B Pelopor  Brimob,Pleton Sabhara Polres Merangin,Pleton Sat Lantas Polres Merangin,Pleton gabungan Reskrim Intel Polres Merangin,Pleton Sat Polisi Pamong Praja Kab. Merangin,Pleton dari Dinas Perhubungan Kabupaten Merangin,Pleton BPBD Kab Merangin, dan Pleton dari Senkom Mitra Polri Kabupaten Merangin.

Kapolres Merangin mengawali dengan membacakan amanat mengatakan “Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023,Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H”, terangnya.

Diketahui Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya. Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 Pos.

“Disamping menjamin kamseltibcar lantas, kita juga harus menjaga situasi kamtibmas melalui berbagai kegiatan seperti patroli pada jam-jam rawan untuk mengantisipasi tindak pidana. Khusus bagi rumah yang ditinggal mudik, imbau masyarakat agar melapor ke ketua RT/ RW maupun Bhabinkamtibmas setempat dan lakukan penguatan patroli, serta aktifkan siskamling dengan menerapkan one gate system”, terangnya kembali.

Selain itu, hadirkan pula personel berseragam di tempat ibadah terutama pada pelaksanaan sholat Idul Fitri melibatkan personel TNI-Polri, Ormas serta Mitra Kamtibmas lainnya.

Terkait aktivitas masyarakat di lokasi wisata, lakukan patroli jalan kaki, rekayasa lantas jalur keluar masuk tempat wisata, mendorong pembelian tiket secara online, pengaturan parkir, dan siagakan tim tanggap bencana.

Disamping kerawanan yang timbul akibat peningkatan mobilitas masyarakat, stabilitas harga dan ketersediaan Bapokting harus tetap terjaga.

Ia juga menambahkan “kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan ”Presisi” sebagaimana harapan masyarakat”, ucapnya.

Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik.

“Pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal”, tutupnya.

   Penulis    :  Ory Nofriadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.