Dandim 0420/Sarko Paparkan Rencana Pra TMMD Ke 111 Tahun 2021

Teranews.id, Merangin-Dalam rangka mengoptimalkan Sinergitas TNI dengan Pemerintah Daerah dan Stakeholder yang ada, serta dalam mewujudkan percepatan pembangunan Desa dengan program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD) ke 111 Th.202.

Mengawali rencana kegiatan tersebut dilaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan TMMD Ke 111 Kodim 0420/Sarko, di Aula Sapta Taruna Dinas PU Kab Merangin.Senin(24/5/2021).

Bacaan Lainnya

Rapat dipimpin Bupati Merangin Dr. Al Haris, Sos., M.H didampingi Komandan Kodim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P.

Turut hadir Asisten I setda Merangiin H. Abdul Gani, S.Pd., ME., Asisten II Drs Mardansyah Saidi, Kepala Kemenag Kabupaten Merangin Drs H Marwan Hasan, Kadis PU Kabupaten Merangin Aspan ST., Kadis PMD Kabupaten Merangin M Ladani, SE., Kadis PPKB Kabupaten Merangin Elvis Suryadinata.

Juga hadir Pasi Ter Dim 0420/Sarko Kapten Inf Suhadi, Danramil 420-01/Batang Asai Kapten Inf Husnan Efendi, Wadanramil 420-09/Bangko Kapten Inf Ali Usman D., Perwakilan dari masing-masing OPD terkait, Camat Bangko Barat, Kades Bukit Beringin, Kades Beringin Sanggul dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan karena adanya Recofusing yang dana awal untuk TMMD 2021 sebanyak 6 M maka muncul angkanya yang tinggal 1,5 M oleh karena ini dengan angka yang demikian itu maka yang bisa kita lakukan adalah di lokasi yang menghubungkan dengan Desa Bukit Beringin dengan Beringin Sanggul padahal masih banyak Daerah lain yang butuh TMMD tersebut.

Kadis PU, Kepala BPKAD dan Kades setempat kita berharap kita fokuskan dengan TMMD ini, seperti pembebasan lahan ataupun sebagainya, supaya TMMD ini hasilnya bagus dan selesai tepat waktu, oleh sebab itu mari kita dukung program ini.

Bupati mengharapkan hasil dari Pra TMMD yang ke 111 T.A 2021 ini bisa di nikmati oleh masyarakat dengan baik, karena ini memang jalan ini adalah termasuk jalur evakuasi.

Sementara itu Dandim dalam paparannya TMMD ini sifatnya reguler atau dilaksanakan di seluruh Indonesia maka yang perlu kita perhatikan adalah tujuan dari kegiatan itu sendiri sebagaimana kita ketahui bahwa bukan hanya sasaran fisik tetapi juga ada sasaran nonfisik, beberapa kegiatan penyuluhan yang tujuannya adalah memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang kondisi yang ada di wilayah dan apa yang harus dilakukan.

Sasaran fisik yaitu jalan yang menghubungkan Kecamatan Bangko Barat dengan Kecamatan Tiang Pumpung antara lain Desa Bukit Beringin dan Desa Beringin Sanggul.

Pra TMMD yang kita rencanakan pada minggu ketiga bulan Mei seharusnya hari ini sudah bisa kita laksanakan tetapi karena rakor dilaksanakan tanggal 27 Mei 2021 maka kita mundurkan menjadi tanggal 31 Mei 2021, untuk pelaksanaan pra ini kita mulai yaitu dengan kegiatan fisik dan belum masuk kedalam kegiatan non fisik.

Kegiatan fisik tersebut yaitu peningkatan badan jalan sepanjang 7,5 KM yang saat ini kondisinya sudah rusak parah, pembangunan MCK 6 unit 11 pintu, tadi saya sampaikan bahwa ini perlu Posyandu 3 unit, untuk MCK umumnya 1 unit, dan juga untuk tempat wudhu sekolah dan Madrasah 2 unit 4 pintu.

Selain itu juga kalau kita lihat di desa Bukit Beringin belum ada pos jaga dan perlu didirikan Pos jaga (rondad) untuk kedepannya nanti kita buatkan pembangunan untuk tugu Desa di depan Pos jaga serta renovasi rumah tidak layak huni yaitu 2 unit dan sudah kita survei memang layak untuk dilakukan bedah rumah atau perbaikan rumah tersebut.

Pengerasan jalan yaitu panjangnya 5 KM ini juga akan kita kerjakan langsung dan mudah-mudahan nanti sisanya kita usahakan bisa maksimal hingga jalan ini bukan hanya kita buka, tetapi juga memang betul-betul maksimal untuk bisa dilewati oleh masyarakat, karena itu bukan hanya dibuka saja atau tidak melakukan peningkatan tetapi juga dilakukan langsung pengerasan sepanjang 5 KM dengan lebar badan 3 meter.

Untuk pembangunan MCK sudah kami tinjau juga ini ada beberapa titik tempat wudhu Mushola yang panjang 5,2 m lebar 2,3 m, bentuk gambar sudah kami koordinasi dengan Bapak Kades setempat.

Ada juga sasaran tambahannya yaitu PAUD ini merupakan peninggalan zamannya Bapak Soeharto, memang harus direnovasi dan di sini juga ada suku anak dalam yang melakukan proses belajar mengajar.

Yang tidak kalah pentingnya adalah Stanting karena ini merupakan titipan dari Bapak Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) untuk setiap kegiatan TMMD ke 111 di seluruh Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke harus melaksanakan kegiatan tersebut, termasuk juga di Desa Bukit Beringin ada beberapa masyarakat yang memang perlu diperhatikan dari segi kesehatan.

Adapun anggaran dana sesuai dengan anggaran yang ada kita gunakan sasaran fisik dan non fisik dengan jumlah 1,5 miliar.

Jadi berbicara tidak hanya fisik dan non fisik saja tetapi juga penting dan bukan karena jumlah besarnya tetapi makna dan tujuan yang harus kita berikan kepada masyarakat Adapun sasaran outputnya yaitu secara fisik yang pertama tadi jalan dengan lebar 6 KM, tutup Dandim.

Penulis : Ory Nofriadi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.