Program P2L di Apresiasi Wagub, Amir Hasbi : P2L Mampu Kurangi Biaya Pengeluaran Rumah Tangga

Teranews.id, Jambi –  Program Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari atau P2L yang Merupakan Program Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia Terbukti Mampu Meningkatkan Perekonomian rumah Tangga Masyarakat. terlebih ditengah Pandemi Covid-19 saat ini Program P2L Melalui Kelompok Wanita Tani Terbukti Mampu Bertahan dan Tidak Berdampak Terhadap Perekonomian rumah Tangga masyarakat.

Hal Tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I. di dampingi Bupati Tanjab Timur, Rektor Universitas Jambi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, pada hari Kamis tanggal 5 Agustus 2021 saat melakukan kunjungan ke Kelompok tani Rengas Kuning Sejahtera Desa Teluk Dawan Kec. Muara Sabak Barat kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

Bacaan Lainnya


Kelompok Tani ini merupakan salah satu kelompok kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang memperoleh alokasi anggaran melalui dana dekonsentrasi Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Tahun 2021.


Pada kunjungan tersebut Wagub Jambi bersama Bupati Tanjung Jabung Timur. Rektor Unja dan Asisten 2 berkesempatan melakukan panen sayuran salah satunya komodi terung yg dihasilkan melalui kegiatan P2L tersebut. 


Wagub Jambi sangat Meng-Apresiasi kegiatan tersebut, karena sangat bermanfaat bagi kelompok masyarakat, apalagi pada masa Pandemi Covid-19 saat ini. kelompok Wanita Tani P2L mampu bertahan dan kurang terdampak secara signifikan terhadap perekonomian rumah tangga, hal ini di tunjukkan bahwa Anggota KWT dapat mengembangkan budidaya komodi pangan dan sayur-sayuran, sehingga mereka tidak lagi membeli, dan bahkan bisa menjual, Sehingga mampu mengurangi biaya pengeluaran di setiap rumah tangga minimal 15 Ribu/Hari/Rumah Tangga atau 450 Ribu/bulan/Rumah Tangga. Ungkap Wagub. 


Disela-sela kunjungan tersebut, Wagub Jambi juga berkesempatan menyerahkan Bantuan Sembako kepada anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) yang terpapar Covid-19 baru-baru ini. Bantuan Sembako tersebut di berikan sebanyak 17 Orang yang terdiri dari Anggota Kelompok KWT Bugenvil Desa Suka Maju kecamatan Geragai sebanyak 7 Orang dan Anggota Kelompok Rukun Indah Kelurahan Rantau Indah Kecamatan Dendang sebanyak 10 Org. 


Harapan Wakil Gubernur, Mudah-mudahan dengan bantuan Sembako dimaksud dapat meringankan beban anggota KWT Tersebut dan Wagub juga berharap agar Anggota KWT yang terpapar semoga cepat sembuh. Sehingga dapat beraktivitas sebagaimana biasa. 


Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Ir. H. Amir Hasbi, ME mengatakan, Kegiatan P2L di Kabupaten Tanjabtim Tahun 2021 ini terdiri dari Kegiatan Penumbuhan sebanyak 10 Kelompok dan Tahap Pengembangan sebanyak 4 Kelompok KWT dengan Total Bantuan sebesar Rp. 660.000.000.-

 Amir Hasbi mengharapkan dengan bantuan kegiatan P2L ini, dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan Lestari pada Tahun-Tahun berikutnya, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan atau minimal dapat mengurangi biaya pengeluaran rumah tangga khususnya yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani. Bantuan kegiatan P2L di Kabupaten Tanjabtim di serahkan secara simbolik oleh Wagub Jambi kepada kelompok KWT Rengas Kuning Sejahtera Desa Teluk Dawan Kec. Muara Sabak Barat dan KWT Rukun Indah, Kelurahan. Rantau Indah Kec. Dendang. Kabupaten Tanjung Jabung Timur.(Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.